Sebenernya sih nggak ada yang bener-bener istimewa sama nama domain .blog yang direncanain bakalan rilis secara publik di akhir tahun 2016 ini.

Sama aja lah sama TLD lain, dan kalo dibandingin sama TLD .com pasti orang masih lebih milih .com karena gampang diinget hehe... cuma masalahnya domain .com yang bener-bener bagus rata-rata ya udah jadi milik orang lain, paling kalo mau, ya berharap aja yang punya domain lupa bayar terus expired terus bisa didaftarin lagi hahaha... itupun kemungkinannya dibawah 5% wkwkwk...

Jadi, untuk anda yang pegen hunting nama domain bagus yang mungkin menurut anda "ini nih, domain gue banget nih". Mungkin .blog bisa jadi salah satu alternatif TLD keren yang wajib anda daftarkan, miliki dan kelola (iya dong percumah dibeli kalo nggak dikelola haha).

Cuma sayangnya, untuk anda yang suka bisnis jual beli nama domain fresh, mungkin anda perlu sedikit kecewa, soalnya pendaftaran nama domain ini dibagi kedalam 3 fase, dan fase pertama dibulan Agustus 2016 yaitu fase SUNRISE, dikhususkan untuk pemilik trademark atau brand-brand terkenal yang ingin menghubungkan domain utama mereka dengan .blog untuk blog officialnya.

Dan fase kedua yang dimulai pada oktober 2016 pun, masih dihususkan untuk semua pengguna platform wordpress, jadi kalo emang mau hunting domain bagus, mendingan mulai di fase ini aja, udah pada punya akun wordpress kan?

Dan di bulan November 2016 lah domain .blog ini baru akan tersedia secara publik, dan mungkin difase ini baru anda bisa daftarin domain .blog lewat penyedia domain pihak ketiga mana aja :)

Sayangnya, sampai saat ini belum ada konfirmasi pasti, berapa harga kontrak TLD .blog ini /thn. Cuma feeling saya sih pasti dikisaran 200rb keatas hahaha... jadi, mendingan beli langsung dari Automattic aja biar murah haha...

Informasi lebih lanjut tentang domain .blog ini, bisa langsung anda baca di laman resmi Wordpress (Automattic) melalui link berikut ini:

https://en.blog.wordpress.com/2016/05/12/coming-soon-new-blog-domains-for-websites/

Dan untuk anda yang nggak mau ketinggalan kabar hadirnya domain satu ini, silahkan subscribe email anda melalui link ini:

https://dotblog.wordpress.com/

So, Happy hunting all :)